Skip to Content
Loading
SDN Baujeng 1
SDN Baujeng 1
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Hari Belajar Guru Bersama "Kombel Juara": Eksplorasi Rapor Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran dengan AI

 

Hari Belajar Guru Bersama "Kombel Juara": Eksplorasi Rapor Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran dengan AI

Pada hari Senin, 25 Agustus 2025, para guru yang tergabung dalam Komunitas Belajar (Kombel) "Juara" melaksanakan kegiatan Hari Belajar Guru yang inspiratif. Sesuai amanat Permendikdasmen, hari ini didedikasikan sepenuhnya untuk peningkatan kompetensi dan kolaborasi, dengan fokus utama pada analisis Rapor Pendidikan dan penciptaan media ajar inovatif berbasis kecerdasan buatan (AI).




Membedah Rapor Pendidikan untuk Peningkatan Mutu

Kegiatan diawali dengan sesi pendalaman dan eksplorasi Rapor Pendidikan. Para guru secara kolaboratif menganalisis data dan indikator yang tersaji untuk memetakan kekuatan serta area yang memerlukan perbaikan di satuan pendidikan masing-masing.

Fokus pada Pembelajaran Berbasis Data

Diskusi yang hangat dan konstruktif mengupas tuntas setiap detail dalam rapor. Sesi ini bertujuan agar para guru tidak hanya melihat rapor sebagai laporan tahunan, tetapi sebagai alat diagnostik yang kuat untuk merancang intervensi pembelajaran yang lebih tepat sasaran dan berbasis data, demi meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan.


Mendesain Game Edukasi Inovatif dengan Gemini

Sesi selanjutnya membawa para guru ke dunia teknologi dan kreativitas. Dengan antusiasme tinggi, para peserta belajar mendesain pembelajaran yang menarik dan interaktif melalui pembuatan game edukasi sederhana dengan bantuan Gemini.



Transformasi Pembelajaran Melalui Gamifikasi

Para guru dipandu untuk merumuskan konsep permainan yang selaras dengan tujuan pembelajaran. Dengan memanfaatkan kemampuan AI, proses yang semula terasa rumit menjadi lebih mudah diakses. Hasilnya adalah lahirnya media ajar yang tidak hanya edukatif tetapi juga menyenangkan bagi siswa, mengubah suasana belajar menjadi lebih hidup dan partisipatif.

Karya Nyata Guru "Kombel Juara"

Sebagai bukti keberhasilan lokakarya ini, beberapa game edukasi berhasil diciptakan oleh para guru. Karya-karya ini menjadi contoh nyata bagaimana teknologi dapat diintegrasikan secara efektif dalam pembelajaran. Berikut adalah dua contoh game yang telah dihasilkan:

Kegiatan Hari Belajar Guru ini membuktikan bahwa semangat kolaborasi dan kemauan untuk berinovasi adalah kunci untuk menghadapi tantangan pendidikan di era digital.

Berbagi

Postingan Terkait

Posting Komentar

Konfirmasi Penutupan

Apakah anda yakin ingin menutup pemutaran video ini?